Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Semeton Senamiyan,

Situs Komunitas Sasak ini terlahir atas prakarsa peserta milis komunitas-sasak@yahoogroups.com. Milis Komunitas Sasak yang sebagian besar anggotanya adalah semeton sasak yang tinggal di perantauan.

Tujuan UTAMA dari Situs komunias Sasak ini adalah Sebagai Berugak Elen Semeton Sasak yang sedang diperantauan (sedang berada di luar pulau lombok). Inilah yang mendasari mengapa situs komunitas ini memilih nama sasak.org, bukan lombok. Orang sasak bisa berada dimana saja di seluruh jagat ini, tapi Icon lombok hanya sebatas makna fisik dari sebuah pulau yang kini ditinggali tidak hanya oleh orang sasak saja. Disamping itu, keberadaanya diharapkan mempercepat pertukaran berita seputar sasak dan lombok yang sampai saat ini medianya sangat minim.

Suatu saat nanti, Forum kita ini, insyaAllah akan bisa menjadi trigger atau bahkan pelaksana untuk mempercepat proses pembangunan orang orang sasak, dan lombok tentunya. Untuk itu, besar harapan saya agar semeton senamiyan bisa memberikan kontribusi dalam rangka membangun komunitas dimaksud.

“Karya Komunitas Sasak”

1. Milis Komunitas Sasak, didirikan tanggal 30 Oktober 2006, sampai saat ini (29 Januari 2008) telah terdaftar 73 orang Anggota yang kini tinggal di berbagai daerah dan negara

SC

2. Situs Komunitas Sasak, yang beralamat di http://www.sasak.org, dibangun dan hidup didunia maya sejak tanggal 18 Juli 2007

KS

3. Webmail Komunitas Sasak, disediakan bagi semeton Senamiyan yang ingin memiliki akun email di sasak.org. dapat diakses melalui webmail.sasak.org
Untuk mendapatkan akun namaanda@sasak.org, anda bisa request ke adminmail@sasak.org, dengan terlebih dahulu bergabung dalam milis Komunitas Sasak.

4. Kamus Base Sasak, Kamus Online Bahasa Sasak, didedikasikan untuk menjaga dan mewarisi Base Sasak, peninggalan bersejarah papuk Baloq kita. Mulai 28 Januari 2008, telah bisa diakses melalui kamus.sasak.org

5. SasakTV, berisi Audio-video sasak, yang mungkin anda perlukan. silahkan kunjungi http://tv.sasak.org

6. Gumi Sasak, sebuah aggregator blogger sasak, bisa dikunjungi di http://gumi.sasak.org

SEKILAS TENTANG LOMBOK.

Lombok (penduduk pada tahun 1990: 2.403.025) adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih bulat bentuknya dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Pulau ini luasnya adalah 4.725 km² (sedikit lebih kecil daripada Bali). Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram

Bahasa Sasak dipakai oleh masyarakat Pulau Lombok, propinsi Nusa Tenggara Barat. Bahasa ini mempunyai gradasi sebagaimana Bahasa Bali dan Bahasa Jawa. Bahasa Sasak mirip dan serumpun dengan Bahasa Bali.

Bahasa Sasak mempunyai dialek-dialek yang berbeda menurut wilayah, bahkan dialek di kawasan Lombok Timur kerap sukar dipahami oleh para penutur Sasak lainnya.

Sejarah

Orang Belanda pertama singgah di Lombok pada tahun 1674 dan menduduki bagian timur pulau ini dan meninggalkan bagian barat yang kemudian diduduki orang Bali. Orang Sasak merasa dianaktirikan oleh orang Bali dan akhirnya Belanda ‘berintervensi’. Mereka menggempur Cakranegara, tempat puri Bali berada pada tahun 1894 dan memasukkan pulau ini dalam pemerintahan Hindia-Belanda

Pembagian administratif

Lombok termasuk provinsi Nusa Tenggara Barat dan pulau ini sendiri dibagi menjadi empat Daerah Tingkat II:

  1. Kota Mataram

  2. Kabupaten Lombok Barat

  3. Kabupaten Lombok Tengah

  4. Kabupaten Lombok Timur

Geografi, topografi dan demografi

Selat Lombok adalah batas flora dan fauna Asia. Mulai dari Lombok ke arah timur, flora dan fauna menunjukkan ciri-ciri khas Australia. Ilmuwan yang pertama kali menyatakan hal ini adalah Alfred Russel Wallace, seorang Inggris di abad ke-19. Untuk menghormatinya maka batas ini disebut Garis Wallace.

Topografi pulau ini didominasi oleh gunung berapi Rinjani yang ketinggiannya adalah 3.726 meter di atas permukaan laut dan membuatnya yang ketiga tertinggi di Indonesia. Daerah selatan pulau ini adalah sebuah ladang terbuka bebas yang subur dan ditanami dengan jagung, padi, kopi, tembakau dan kapas.

Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Sisa penduduk adalah orang Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab.

Pariwisata

Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali, dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Namun dengan munculnya krismon dan krisis-krisis lainnya, potensi pariwisata agak terlantarkan. Lalu pada awal tahun 2000 terjadi kerusuhan antar-etnis dan antar agama di seluruh Lombok sehingga terjadi pengungsian besar-besaran kaum minoritas. Mereka terutama mengungsi ke pulau Bali.

Tempat-tempat pariwisata:

  1. Pantai Senggigi

  2. Cakranegara

  3. Gili Air

  4. Gili Meno

  5. Gili Trawangan

  6. Gunung Rinjani

  7. Pantai Kuta, Lombok

  8. Sentanu

  9. Tetebatu

Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 m dpl, mendomonasi sebagian besar luas pulau Lombok. Terletak disebelah timur pulau Bali, dapat ditempuh dengan bus langsung Jakarta-Mataram dengan menyeberang menggunakan feri dua kali (selat bali dan selat lombok). Dapat juga ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Bali.

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25? LS dan 116º28? BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Secara administratif gunung ini berada dibawah tiga kabupaten yaitu: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m x 4.800 m, memanjang kearah timur anda barat. Di kaldera ini terdapat danau Segara Anakan seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Danau Segara Anak ini banyak terdapat ikan mas dan mujair, sehingga sering digunakan untuk memancing. Dengan warna airnya yang membiru, danau ini bagaikan anak lautan, karena itulah disebut “Segara Anak”. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut, dan disebelah timurnya terdapat gunung Baru yang oleh bahasa setempat disebut dengan Gunung Baru Jari. yang memiliki kawah seluas 170 x 200 m dengan ketinggian 2.296 – 2376 m dpl. Pada tahun 1994 gunung Baru Jari ini meletus dan memuntahkan isi perutnya di sekitar danau Segara Anakan.

Pendakian

Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari Penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Beruntung akhir Juli ini, angin masih cukup lemah dan cuaca cukup cerah, sehingga summit attack bisa dilakukan kapan saja.

Selain puncak, tempat yg sering dikunjungi adalah Segara Anakan, sebuah danau kawah di ketinggian 2.000 mdpl. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa mendaki dari desa Senaru atau desa Sembalun Lawang (dua entry point terdekat di ketinggian 500 mdpl dan 1.200 mdpl). Kebanyakan pendaki menyukai start entry dari arah Sembalun, karena bisa menghemat 700m ketinggian. Rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas krn melalui padang savana yang terik (suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit). Sunblok krem sangat dianjurkan.

Sedangkan dari arah Senaru tanjakan tanpa jeda, tetapi cuaca lembut krn melalui hutan. Dari kedua lokasi ini membutuhkan waktu jalan kaki sekitar 9 jam menuju bibir punggungan di ketinggian 2,700 mdpl (tiba di Plawangan Senaru ataupun Plawangan Sembalun). Di tempat ini pemandangan ke arah danau, maupun kearah luar sangat bagus. Dari Plawangan Senaru (jika naik dari arah Senaru) turun ke danau melalui dinding curam ke ketinggian 2,000 mdpl) yg bisa ditempuh dalam 2 jam. Di danau kita bisa berkemah, mancing (Carper, Mujair) yang banyak sekali. Penduduk Lombok mempunyai tradisi berkunjung ke segara anakan utk berendam di kolam air panas dan mancing.

Untuk mencapai puncak (dari arah Danau) harus berjalan kaki mendaki dinding sebelah barat setinggi 700m dan menaiki punggungan setinggi 1.000m yang ditempuh dlm 2 tahap 3 jam dan 4 jam. Tahap pertama menuju Plawangan Sembalun, camp terakhir utk menunggu pagi hari. Summit attack biasa dilakukan pada jam 3 dinihari utk mencari momen indah – matahari terbit di puncak Rinjani. Perjalanan menuju Puncak tergolong lumayan; krn meniti di bibir kawah dgn margin safety yang pas-pasan. Medan pasir, batu, tanah. 200 meter ketinggian terakhir harus ditempuh dgn susah payah, karena satu langkah maju diikuti setengah langkah turun (terperosok batuan kerikil). Buat highlander – ini tempat yang paling menantang dan disukai karena beratnya medan terbayar dgn pemandangan alamnya yg indah. Gunung Agung di Bali, Gunung Ijen-Merapi di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa terlihat jelas saat cuaca bagus di pagi hari. Untuk mendaki Rinjani tidak diperlukan alat bantu, cukup stamina, kesabaran dan “passion”.

Keseluruhan perjalanan dapat dicapai dalam program tiga hari dua malam, atau kalau mau lihat dua objek lain: gua Susu dan gunung Baru Jaro (kawah baru ditengah danau) perlu tambahan waktu dua hari perjalanan. Persiapan logistik sangat diperlukan. tetapi untungnya segala sesuatu bisa diperoleh di desa terdekat. Tenda, sleeping bag, peralatan makan, bahan makanan dan apa saja yg diperlukan (termasuk radio komunikasi) bisa disewa dari homestay-homestay yg menjamur di desa Senaru.

SEKILAS TENTANG SASAK.

Komunitas Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat merupakan Suku terbesar di Propinsi yang berada di antara Bali dan Nusa Tenggara Timur ini. Menurut catatan sensus yang diadakan tahun 1989, populasi suku sasak mencapai 2,1 juta jiwa. Pada Sensus berikutnya, tepatnya tahun 2000 populasinya bertambah menjadi 2,6 juta jiwa. Tahun ini diperkirakan populasi Suku Sasak yang tinggal di Lombok sekitar 3 juta jiwa, jumlah itu belum termasuk “sasak diaspora” alias sasak rantau yang menetap di Pulau Sumbawa bagian Barat, di Kalimantan Timur (akibat proyek transmigrasi), di Malaysia (TKI) dan di beberapa Kota besar di Indonesia (yang umumnya karena faktor pekerjaan dan status sebagai Mahasiswa). Di Samping itu dalam jumlah kecil, Suku Sasak tersebar di beberapa Negara di dunia ini. Melihat hal ini Populasi Komunitas Suku Sasak bisa dikatakan cukup besar dan layak disandingkan dengan etnis lain di Indonesia.

Tapi Tahukah Semeton dari mana asal usul Suku sasak ? , ” Siapa Papuk Baloq orang sasak?”. Saya yakin seyakin yakinnya, sangat teramat sedikit dari kita yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Satu Minggu yang lalu, Komunitas Sasak yang tergabung dalam milis Komunitas Sasak mengadakan diskusi kecil tentang hal ini, jauh memang kalau dikatakan sebagai diskusi yang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan, tapi paling tidak banyak diantara kita yang memiliki informasi yang berbeda beda tentang asal usul Papuk Baloq Sasak.

Dari penelusuran kecil kecilan, terungkap bahwa Suku Sasak berasal dari Vietname, bersumber dari miripnya Bahasa / Base Sasak dengan Bahasa di vietnam. Ada juga semeton sasak yang sekarang ini bekerja di sektor Pariwisata di Lombok yang sempat bertemu dengan turis dari Philipine, yang bikin semeton kita ini terkejut, ada banyak kesamaan antara bahasa sasak dengan bahasa si turis, ya Bahasa Tagalog, apakah ini artinya Papuk Baloq kita dari philipine?. Ada banyak teori yang biasa dipakai oleh para ahli untuk menelusuri asal usul suatu etnis, salah satunya adalah dari bahasa yang mereka pergunakan, fisik mereka dan sejarah para tetuanya. Mari kita coba telusuri satu persatu.

BAHASA
Bahasa Sasak, terutama aksara (bahasa tertulis) nya sangat dekat dengan aksara Jawa dan Bali, sama sama menggunakan aksara Ha Na Ca Ra Ka …dst. Tapi secara pelafalan cukup dekat dengan Bali.

Menurut ethnologue yang mengumpulkan semua bahasa di dunia, Bahasa Sasak merupakan keluarga (Languages Family) dari Austronesian Malayo-Polynesian (MP), Nuclear MP, Sunda-Sulawesi dan Bali-Sasak.

Sementara kalau kita perhatikan secara langsung, bahasa Sasak yang berkembang di Lombok ternyata sangat beragam, baik dialek (cara pengucapan) maupun kosa katanya. Ini sangat unik dan bisa menunjukkan banyaknya pengaruh dalam perkembangannya. Saat Pemerintah Kabupaten Lombok Timur ingin membuat Kamus Sasak saja, mereka kewalahan dengan beragamnya bahasa sasak yang ada di lombok timur, Walaupun secara umum bisa diklasifikasikan ke dalam: Kuto-Kute (Lombok Bagian Utara), Ngeto-Ngete (Lombok Bagian Tenggara), Meno-Mene (Lombok Bagian Tengah), Ngeno-Ngene (Lombok Bagian Tengah), Mriak-Mriku (Lombok Bagian Selatan)

Dari Aspek Bahasa, Papuk Bloq kita bisa jadi berasal dari Jawa (Malayo-Polynesian), Vitname atau Philipine ( Austronesian), atau dari Sulawesi (Sunda-Sulawesi)

SEJARAH
Sebelum Abad ke 16 Lombok berada dalam kekuasan Majapahit, dengan dikirimkannya Maha Patih Gajah Mada ke Lombok. Malah ada kabar kalau beliau wafat di Pulau Lombok dan dimakamkan di Lombok Timur. Pada Akhir abad ke 16 sampai awal abad ke 17, lombok banyak dipengaruhi oleh Jawa Islam melalui dakwah yang dilakukan oleh Sunan Giri, juga dipengaruhi oleh Makassar. Hal ini yang menyebabkan perubahan Agama Suku Sasak, yang sebelumnya Hindu menjadi Islam.

Pada awal abad ke 18 Lombok ditaklukkan oleh kerajaan Gel Gel Bali. Peninggalan Bali yang sangat mudah dilihat adalah banyaknya komunitas Hindu Bali yang mendiami daerah Mataram dan Lombok Barat, Beberapa Pura besar juga gampang di temukan di kedua daerah ini. Lombok berhasil Bebas dari pengaruh Gel Gel setelah terjadinya pengusiran yang dilakukan Kerajaan Selapang (Lombok timur) dengan dibantu oleh kerajaan yang ada di Sumbawa (pengaruh Makassar). Beberapa prajurit Sumbawa kabarnya banyak yang akhirnya menetap di Lombok Timur, terbukti dengan adanya beberapa desa di Tepi Timur Laut Lombok Timur yang penduduknya mayoritas berbicara menggunakan bahasa Samawa.

Kalau kita lihat dari aspek sejarah, orang Sasak bisa jadi berasal Jawa, Bali, Makassar dan Sumbawa. Tapi bisa juga ke empat etnis tersebut bukan Papuk Bloq orang sasak, melainkan hanya memberi pengaruh besar pada perkembangan Suku Sasak

Ciri FISIK
Sementara kalau diperhatikan secara fisik Suku Sasak ini lebih mirip orang Bali dibandingkan orang Sumbawa. Dari Aspek ini bisa jadi orang Sasak berasal dari orang Bali, nah sekarang tinggal di cari :orang Bali berasal dari mana?

Bukti Otentik

Beberapa minggu yang lalu, salah seorang yang membaca tulisan ini mengirimkan ke saya sebuah bukti otentik asal usul suku sasak yang disimpan keluarganya di Lombok Tengah. Bukti tersebut berupa silsilah keluarga yang berujung pada sebuah nama: Datu Pangeran Djajing Sorga (dari Majapahit, Kabangan, Jawa Timur). Dari Bukti otentik tersebut, jelaslah terlihat bahwa Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok, sebenarnya berasal dari Jawa.

sumber : sasak.org

43 responses »

  1. Enggih, Alhamdulillah tiang dengan sasak.
    tiang lombok tengaq, papahne leq Dese Labulie Kec Jonggat.

    side lombok mbe?

    salam kenal ndah..

  2. Jadi bingung… dari mana papuk baloq dengan sasak niki… eeeeeekh… (vietnam, philipine, jawa, bali) ape malik…
    lagu lamun tiang kadu pendekatan husnuzzan… kayaknya orang sasak ini berasal dari jawa deh… sebab bali juga dari jawa menurut ceritanya… langsung aja bernisbah ke aslinya yaitu jawa… kalau vietnam sama pilipina kayaknya jauh amet… pilih yang dekat aja🙂 ……….
    Salam semeton Rozi… sehat pelinggih? kalau boleh ngasih tahu nih… tiang termasuk orang yang ngomong (Meriak-meriku) ha ha ha… tapi yang penting adalah bahwa meriak-meriku, meno-mene, meniki-menike, dan sebagainya itu, semuanya adalah besemeton… ha ha ha..
    Mo nanya nih, mangkin pelinggih sekolah le; embe? maaf kalau tidak sopan….. syukran sebelumnya atas jawabannya Wasalamualaikum

  3. Salam balik meton Abidin, Alhamdulillah tiang sehat, side berembe?? Itedgn sasak lapuan ye pade doang, ite besemeton, timaqne meriak meriku, meno-mene, keto-kete, ite lapuan pade dengan sasak…

    Tiang kuliah leq jakarta meton, side leq mbe??

  4. terlambat neh buat tau situs ini….gpp dah biar terlambat asal nggak sama sekali….tiang turunan sengkol pujut… mungkin ada semeton yang sama?karena tiang jauh ada di kalimantan

  5. Tabe’ semeton.
    Tiang milu nimbrung endah nggih.
    Tiang endah langan Lombok. Basen tiang base Sasak
    si ngeno ngene. Munte referensi jak sine bese Seleparangan
    leguk lene. Leguk tiang mesih becik wah meranto mbilin Lombok. Jari kurang geti pengetahuan tiang soal asal usul
    te. sebagian besar mbadek ite langan jewe.
    Arak si nenaok persisne?

    Diaz
    Email: diaz_sasaka@yahoo.co.id

  6. assalamualaikum meton..
    tiang hary ato owen asal praye.
    salam kenal..
    maaf baruk gati taon blog pelinggih.
    mdh2n info2 tentang bangse sasak terus berkembang. amin

  7. Salam kenak…
    Tiang olly asli jogja…
    Laguq tiang pny braye orang mataram (leq pagutan,ampenan)….
    Melet tiang lueq taoq ttg lombok
    ampure masi lueq salah base sasak ne..
    Maklum masi belajar..
    He.He.He..
    Mohon bantuannya ^_^

    Rozi :
    Uah solah bahase sasak side tie… ..

    salam kenal semeton….

  8. Ass.. Saudaraku saya sangat tertarik dengan apa yang ada di blog ini. Saya juga sangat tertarik mempelajari asal-usul suku sasak. Saya dulu pernah mendengar dari seorang Tokoh agama di desa saya bahwa memang dulunya orang Majapahit yang datang ke Lombok dan menetap disini Kemudian menamakan tempat ini dengan “Sasak” karena lebatnya hutan yang ditemukan di P. Lombok (Sesek >>Sasak) Mungkin side punya artikel tentang sejarah Sasak mohn dikirim ke e-mail saya. Tampi Asih…… Wassalamu’alaikum Wr, Wb…

  9. Salam kenal majeng ring batur Lombok. Tiang semeton saking Bali niki.
    Banyak keluarga saya dari Karangasem yang tinggal di Mataram dan Cakranegara. Begitu juga banyak warga keturunan Lombok yang tinggal di Dusun Nyuling,Desa Tegallinggah, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem.
    Semoga saja kerukunan dan perdamaian yang selama ini terjalin bisa abadi selamanya.

    Salam kenal juga… Amien.. semoga slalu rukun bersama…
    Saya juga ada teman di daerah karang asem, di daerah telaga… lupa namanya…
    salam Rozi

  10. tiyang lekan klayu lombok timur, laguk uni basen papu balok jak, tiyang kturunan bugis.

    smntara ksimpulan akhir mnurut tiyang jak, sasak niki lekan jawa + sulawesi, sedangkan bali + sumbawa, hanya mempengaruhui perkembangan suku doang.

    matur tampi asih.

  11. tabe walar meton……………………….. eak milu Q ia sere kangenka lek lombok jarin lek lombok aneh……….melek olek jarin………… salam kenal geh meton selapokm…Q ne tini leman kidang lek deket mujur praye timuk eto ………………. he,he…….be eto2 lguk sepen ate mule ye base tiang………….

  12. Ampure meton, kanggonte milu.begak gati penaok de zi, aneh ceritak an ite asal usul dengan nyuling ino, sai aran dengan sasak sak pertame mero lek nyuling ino. Arak keluargengku lek labulie, tiang suni dsn agung mentaram

  13. ite sasak niki miskin te sik tokoh ape lagi tokoh sak level nasional ndek ne arak lalok, ape lagi mun te bandingan sik batur jawe jaok, dendek bae jawe jaok lalok, batur bime kance sumbawak bae banyak tokoh-tokoh ne sak berhasil ite jumlah te ye banya’an tebandingan isik batur bime kance sumbawak laguk ite ne ndek ne arak lalok tokoh-tokoh te sak muncul. pemuda pemudi sasak silak tebangkit ite ne wah ngonek te lalok jari tukang boye kance jari objek penderita. aran sasak ne jarang dengan taok lek perantauan, mun arak dengan kenal sak tekenal sak lenge-lenge ne doang, marak misal arak dengan muni lombok seribu masjid tapi juga seribu maling dan seribu janda, ilak tiang isik ne. laguk tiang tetet bangge jari dengan lombok.

  14. Selpamat pagi ka..
    saya Dea, saya mau tanya.. Ada atau ngga ya komunitas suku sasak di daerah Jakarta, kalau ada boleh saya minta CPnya untuk menghubungi komunitas tersebut? Ini semata untuk memenuhi tugas saya di perkuliahan. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s