How Colored Are You

Standar

logowarnaSeberapa beragamkah warna anda. Warna merupakan anugerah yang sangat tinggi dari Allah. Warna memberikan inspirasi-inspirasi kepada otak dalam memilah dan memilih keindahan dalam memadukan warna-warna itu.

Warna identik dengan keserasian, keterkaitan dan keindahan. Mata akan sangat senang apabila melihat warna yang sejuk, dan akan menolak kalo dihadapkan kepada warna yang sangat cerah. warna kesejukan itu diantaranya adalah warna Hijau. Hijau menandakan kedamaian dan kesuburan akan hal sesuatu. Kalo istilah orang yang suka kepada uang “Hijau matanya ketika melihat uang banyak”, itu dimaksudkan matanya/dirinya akan merasa damai kalau dia mendapatkan uang yang banyak itu.

Di dalam ilmu psikologi, akan dikenal istilah Psikologi warna, yaitu sifat-sifat yang bisa dilihat dari warna dan hal ini juga memberikan inspirasi bagi para desain interior untuk menentukan kira-kira warna apa yang serasi dengan keadaan yang ada. Berikut pemaparannya :

color_harmony_pic1

MERAH
Wuihhhh warna yang melambangkan nafsu, agresi, dan semangat *HOT*. Juga melambangkan produktifitas dan keberanian Warna yang secara instan dapat mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkantekanan darah dan mempercepat pernafasan. Hmm warna ini sangat disukai kaum muda. Juga dikenal dengan warna hati..

Khusus warna Pink Warna ini melambangkan romantisme dan feminim. Warna pink mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, ngeGEMESIN dan jenaka makuste lucu abis. Berarti FUN dong! dan yang pasti cerah abis! HIDUP PINKY! YES!

Sedangkan warna merah tua sangat identik dengan warna aristokrat.
Merah dikombinakan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal.Merah jika dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai arti ‘bahagia’ di budaya Oriental.

BIRU
Warna langit dan laut ini melambangkan ketenangan, seperti halnya warna hijau. Tapi jangan salah, warna biru juga melambangkan kekuatan, warna kedua setelah merah loh untuk kekuatan. Secara keseluruhan warna ini melambangkan Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan.

Biru Tua :Warna ini melambangkan perasaan yangmendalam. Sifatnya : Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif.Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan ‘kepercayaan’ Bahkan pada salah satu sesi training di action coach, disarankan untuk menggunakan setelan warna biru tua pada saat presentasi ataupun negosiasi, supaya bisa cepat closing, hehe.2.
Sedangkan warna biru terang melambangkan jiwa muda dan sporty!

HIJAU
Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan, perdamaian. Juga melambangkan keteduhan loh. Warna daun dan rumput ini juga bisa menyegarkan suasana hati di saat lelah. Hijau tua sangat berkaitan dengan ketenangan seperti warna hutan yang sangat lebat. Sebaliknya warna hijau terang melambangkan kesuburan dan kecemburuan. Warna ini melambangkan adanya suatukeinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa.
Warna ini mempunyai sifat : meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain. Orang yangmenyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain. Katanya sih, Warna Hijau tidak terlalu ‘sukses’ untuk ukuran Global. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan.Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai, bahkan warna ini identik dengan warna islam. Hehe, lagian gak heran kalau di Tim Teng warna ini disukai lah wong disana banyak gurun pasir yang terik begitu Warna hijau kan melambangkan kesejukan dan kesuburan dari pepohonan

KUNING
Warna ini melambangkan kegembiraan dan warna kehidupan. Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan *waduh ati2 tuh Yellow Lover*. Juga Melambangkan warna matahari terbit juga loh. Karena warna ini juga sangat bersemangat, sehingga efeknya kita mudah lelah juga kalo terlalu didominasi warna ini. Warna ini mempunyai sifat : Leluasa dansantai, senang menunda-nunda masalah. Berubah- ubah tapi penuh harapan,mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi. Katanya seh, penambah selera makanan juga bila dikombinasikan warna merah. Gak Heran banyak sekali Restoran Fast Food menggunakan kombinasi kedua warna tsb.
Btw, sebagai Alumni UI, tetep dong YELLOW LEAD BETTER😉 *haduhhh inget bis kuning di kampus dulu*

UNGU
Warna yang melambangkan kebangsawanan *woww warna ningrat bo’*. Spiritual, Misteri, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan. Warna ini adalah campuran warna merahdan biru yang melambangkan sifatGempuran Keras yang dilambangkan olehwarna biru. Perpaduan antara keintimandan erotis atau menjurus pengertian yangmendalam dan peka. Sifatnya sedikitkurang teliti tetapi selalu penuh harapan. Tapi warna ini populer juga sebagai warna janda, hehe. Ada apa pula dengan janda?
ORANGE

Energy, Keseimbangan, Kehangantan. Yang pasti keceriaan. Konon juga Menekankan sebuah produk yang tidak mahal. Ih apa hubungannya ya? tapi ada baiknya dihindari pada saat mendesign produk, supaya gak terkesan murahan. Apalagi kalo pake baju orange, ih amit-amit ntar disangka ce murahan, hehe, oopss just joke!

COKLAT
Melambangkan kekuatan, energi, kehangatan, cinta,Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan. Warna ini seringkali menunjukanciri-c iri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan. Hmmm apa iya ya??Kesannya jelek semua ya? Bukankah kalau di indonesia, kayanya warna coklat lebih dikenal sebagai warna netra. Karena bisa masuk apa aja ya..
Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.
Yang pasti seh, buat aku, warna coklat penggugah selera, lah wong penikmat coklat sejati, apalagi choco cake hehe gak nyambung.

ABU ABU
Intelek, Masa Depan (kayak warna Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan Warna ini tidak menunjukkan arti yangjelas. Tidak terang dan sama sekalibebas dari kecenderungan psikologi.Warna ini cenderung neutral. Pecinta warna ini adalah orang-orang yang tidak suka tampil menonjol. Yah kalo mo terkesan profesional sih bisa juga menggunakan benda-benda berwarna abu. Tapi aku pribadi mah gak suka warna ini, kesannya kusam.
PUTIH
Kesucian, Kebersihan, Ketepatan, Ketidak bersalahan. Memberikan kesan steril juga karena banyak digunakan di rumah sakit. Di Amerika, Putih melambangkan perkawinan (gaun pengantin berwarna putih), tapi di banyak budaya Timur (terutama India dan Cina), warna Putih melambangkan kematian.

HITAM
Power, Seksualitas, Kecanggihan, Kematian, Misteri, Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan. Identik dengan hal-hal mistis, kan ada istilah black magic tuh. Namun warna ini juga digemari untuk alasan kepraktisan, karena netral bisa dikombinasikan dengan warna apa saja. Selain itu juga memberikan kesan formal. Memberikan kesan lebih tua juga loh, hehe ini sih untuk kosmetik, hindari pensil alis berwarna hitam, bisa boros umur 10 tahun, maksute keliatan lebih tua 10 tahun.

sumber :

http://yulia-ku.blogspot.com/
http://www.warnaislam.com
http://www.kccpaint.com.my


One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s