Belajar pemrograman Java

Standar

tergila-gila dengan bahasa pemrograman Java, itulah yang sedang menimpa diriku. Aktu terlena dengan begitu bagusnya dan canggihnya pemrograman ini. Semua bisa baik itu Aplikasi Desktop, Web, Server, PDA dan Handphone saat ini semuanya menggunkan Java.

sekilas mengenai pemrograman Java.

Apa sih JAVA Sebenarnya?
Java adalah teknologi berstandar terbuka yang memungkinkan dikembangkannya aplikasi terbuka di atasnya. Mekanisme ini membuat Java disebut sebagai teknologi platform terbuka. Pengembangan Java menggunakan bahasa Java sebagai basis pengembangannya yang tidak bergantung pada sistem operasi yang digunakan.

Java sebagai bahasa memungkinkan para programmer:
– menulis sebuah aplikasi dan menjalankannya ditempat lain
– membuat aplikasi yang berjalan di browser
– mengembangkan aplikasi di sisi server seperti aplikasi perbankan, forum diskusi.
– menulis aplikasi untuk perangkat bergerak seperti ponsel atau PDA ataupun perangkat konsumer lainnya

Aplikasi Java yang dikembangkan berjalan didalam sebuah mekanisme yang melakukan interpertasi yang disebut Java Virtual Machine (JVM). Aplikasi Java tidak berinteraksi langsung dengan sistem operasi, tetapi berinteraksi dengan JVM, dimana JVM yang berinteraksi dengan sistem operasi.

Java platform adalah sebuah fondasi berbasis “hanya” perangkat lunak yang berjalan diatas sistem operasi, dimana sistem operasi sangat terikat dengan perangkat keras. Alhasil, didapatkan bahwa setiap perangkat keras adalah bermacam-macam, Java platform diciptakan untuk mengatasi perbedaan ini.

Java sebagai teknologi platform telah berkembang menjadi berbagai macam solusi yaitu J2SE, J2EE, J2ME, dan JavaCard. Dimana semua solusi tersebut berjalan diatas JVM yang diciptakan berdasarkan lingkungan yang dijalankannya. Misalnya JVM Windows di Intel processor, JVM Linux di Itanium, atau JVM Sparc di Solaris. Bilamana dikembangkan sebuah aplikasi Desktop menggunakan spesifikasi J2SE, maka dengan bahasa Java, pengembangan dilakukan, dan menjalankannya memerlukan JVM.

Telah lebih dari dua dekade peperangan sistem operasi tidak pernah selesai, apalagi setelah adanya sistem operasi open source seperti Linux, FreeBSD dan OpenSolaris muncul, persaingan tidak akan berhenti, karena diyakini perusahaan bergerak seperti roda artinya kadang jadi market leader, tetapi berkemungkinan menjadi pecundang di waktu lalu. Penyebabnya adalah inovasi dan kreatifitas manusia yang tidak pernah berhenti, yang memungkinkan ini semua terjadi.

Java lahir dengan kemampuan multiplatform, artinya dapat berjalan disemua sistem operasi yang didukungnya, selain itu juga portable artinya aplikasi yang dikompilasi dengan SDK yang ada adalah kompatibel dan dapat dipakai oleh SDK lainnya, walaupun SDK tersebut tanpa perlu modifikasi, dan tentu saja semua

SDKnya harus sesuai dengan spesifikasi J2SE, J2EE atau J2ME.
Java diciptakan oleh tim Sun Microsystems, yang mana telah berevolusi menjadi sebuah teknologi yang secara legal dimiliki oleh IBM, Sun, Oracle dan Bea. Setelah terbentuknya Java Community Process, Java telah menjadi sebuah spesifikasi terbuka, yang mana implementasinya memungkinkan menjadi aplikasi propietary ataupun Open Source. Sehingga saat ini JVM yang menjadi jantung solusi Java adalah solusi propietary, tetapi dapat dilakukan implementasi menjadi solusi Open Source.

Sun Java SDK tersedia secara bebas tetapi tidak mengacu pada lisensi di bawah Open Source Initiative, karena menggunakan lisensi SSCL dan JRL. Artinya untuk kebutuhan riset, Java dapat didistribusikan dengan modifikasi, tetapi tidak dapat dilakukan untuk kebutuhan komersil. Artinya lisensinya ada batasan, seperti tidak dapat diinstall di negara yang diembargo oleh USA.

Aplikasi yang dikembangkan menggunakan Java, mayoritas adalah Open Source. Konsorisium Open Source seperti Eclipse, ObjectWeb, Open Symphony, dan Apache membuat Java menjadi fondasi solusi yang tidak ada matinya. Banyak solusi berbasis Java yang Open Source diantaranya SuperWaba, Javali dan Kaffe, yang sedang dalam penggodokan dan akan merubah peta Java adalah Apache Harmony. Java SDK yang Open Source adalah GCJ, yang memungkinkan merubah aplikasi Java menjadi aplikasi native.

sumber : detiknet

22 responses »

  1. Mas aku newbie neh.. mo blajar dari dasar … bisa ga… tapi saya mo mas kasih saya seperti contoh ya saja… ya.. makasih mas… he.. he…… truz… ak biar bisa blajar cepat harus punya software ya.. khan java…. apakah harus pakai program java jga pa. yang lain

  2. Mas Arief, semoga gelar newibie-nya cepet kabur, biar berubah jadi expert for Java Programming.

    saya juga baru belajar mas, belum bisa apa-apa..
    untuk bisa menjalankan Java di Komputer kita haru ada software Java-nya, misalnya JDK (Java Development Kit), mungkin versi terbaru-nya bisa Mas Arief download di http://java.sun.com/product/

    kalo ada cara mudah belajar Java, bagi-bagi dong ke saya ya mas.

  3. Mungkin sejarah digunakan nama Java (Java Programming) karena yang menciptakan pertama kali orangnya sering ke daerah Jawa (Java -English Red).. sang meno jageq miq Nazar.. hehe

  4. Saya juga lagi belajar Java juga marathon sama Visual Basic.NET malahan

    Java tuh bahasa pemrograman yang mewah ,java itu sangat2 canggih kalau pengin ngikutin java sih agak2 ngos2an juga sih habis gimana yah Teknologinya tuh Edan bener je…

    Gimana enggak coba bayangin ae.. dari Desktop,Server,Micro Device

    belum lain2nya mau di kuasai semua OTAK BISA KERITING…!!

    Bls…..
    betul sekali broooo…..

  5. mas aku mau belajar program java dari dasar n mau nanya tempat kursus program java di jakarta timur di mana ya.?tolong kirim info nya ke imail ku:qitzu_4@ymail.com

    • @areday
      Via email terus emang gak ada yang lain poh kalau butuh cari dong kode bertebaran di mana2 kok via email weh yang butuh siapa sih sebenernya situ kan yang butuh harus kreatif dong ah…

      ibarat bangun rumah buat aplikasi itu mas… numpuk bata belum perhitungan semen sama gamping plus pasirnya harus tepat kalo enggak ambrol yah kalau mau enak jadi mandornya az ( Software Enginering ) jangan jadi Programmer ( kuli )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s